Mengenal Pengertian, Fungsi, dan Manfaat CFS dalam Proses Impor dan Ekspor Barang

pengertian fungsi CFS

Table of Contents

Dalam bisnis logistik Business-to-Business (B2B) ada konsep bernama CFS. Awalnya, konsep ini berasal dari India, namun kini digunakan secara global. Lantas apa fungsi CSS dan manfaatnya dalam usaha impor barang? Yuk, siimak pembahasan lengkap tentang definisi, manfaat, hingga fungsinya dalam artikel ini!

Apa itu CFS?

CFS merupakan kepanjangan dari Container Freight Station. Istilah tersebut digunakan untuk merujuk pada gudang atau tempat barang-barang milik berbagai importir dan eksportir dikumpulkan (konsolidasi) dan dipisahkan (dekonsolidasi) sebelum akhirnya melalui proses ekspor dan impor.

Di sampitu itu, CFS juga dapat berfungsi sebagai fasilitas penyimpanan kontainer impor yang memiliki status Less-than Container Load (LCL) dan masih menjalani pemeriksaan pabean serta proses perizinan. LCL ini merujuk pada pengiriman barang dalam satu kontainer penuh, tetapi dengan pengirim dan penerima yang berbeda-beda.

CFS impor memiliki tujuan untuk memperlancar arus barang yang masuk dan keluar sekaligus mengurangi biaya impor hingga mencapai 10%. Di samping itu, CFS juga memainkan peran penting dalam proses impor dan ekspor barang. Fasilitas ini dapat memberikan lokasi ideal bagi pemasok untuk mengirim produk mereka sekaligus berfungsi sebagai area sentral.

Fungsi Container Freight Station

Berikut beberapa peran dan fungsi Container Freight Station (CFS):

  1. Melakukan proses muat dan bongkar kontainer.
  2. Menerima pengiriman di lokasi asal dan mengirimkannya ke tujuan akhir.
  3. Menimbang berat konsinyasi dan memeriksa kondisi kontainer.
  4. Menyediakan tempat penyimpanan sementara untuk kontainer kosong.
  5. Melacak pengiriman dengan mencatat secara lengkap informasi importir, eksportir, agen bea cukai, dan pihak terkait lainnya.
  6. Menyusun rencana muatan kontainer, yang merupakan dokumen berisi petunjuk rinci tentang cara pengiriman harus dimuat ke dalam kapal.
  7. Melakukan konsolidasi dan dekonsolidasi kargo.
  8. Memasukkan barang ke dalam kontainer, menutupnya dengan rapat, dan memberikan tanda serta segel khusus untuk keperluan identifikasi.
  9. Mengelola dan menyusun kembali kontainer kosong di area penyimpanan kontainer.
  10. Memantau pengiriman kontainer yang telah dimuat menuju pelabuhan atau terminal yang ditentukan.
  11. Secara rutin memastikan pemeliharaan dan perawatan kontainer dilakukan tepat waktu.
  12. Mengawasi proses kliring bea cukai sambil menjaga kargo hingga diambil.
  13. Memanfaatkan area kosong sebagai fasilitas penyimpanan sementara untuk kargo.
  14. Mencatat jumlah barang yang diterima atau dikirim dari stasiun pengiriman kontainer.
  15. Mengangkut barang dari Container Freight Station (CFS) ke area penyimpanan kontainer.
  16. Mengeluarkan tanda terima dokumen atau pesanan pengiriman.

Manfaat Container Freight Station

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya CFS, yaitu:

1. Menghemat Waktu

Proses bea cukai kerap memakan waktu yang lama dan melelahkan. Untuk mempercepat proses tersebut, CFS dapat membantu menangani semua prosedur bea cukai atas nama usaha Anda. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan dokumen, pemeriksaan fisik kargo, dan penyelesaian formalitas bea cukai. 

Dengan demikian, CFS membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memproses barang melalui bea cukai, yang pada akhirnya mempercepat pengiriman dan distribusi barang.

2. Menjaga Data Pengiriman

Salah satu tantangan terbesar dalam pengiriman adalah memastikan pelacakan dan manajemen data menjadi akurat. CFS mencatat dan menyimpan semua informasi penting tentang pengiriman, seperti nama eksportir, rincian kargo, titik asal dan tujuan, nama pengangkut, dan nomor truk. 

Sistem pencatatan ini dapat memastikan bahwa semua data terkait pengiriman terdokumentasi dengan baik, mengurangi risiko kehilangan atau kesalahan informasi, dan memastikan bahwa semua pihak memiliki akses ke data yang diperlukan untuk mengelola logistik secara efisien.

3. Meningkatkan Keamanan Kargo

Keamanan kargo menjadi prioritas utama dalam logistik. CFS dapat menyediakan lingkungan yang aman untuk kargo selama proses bongkar muat dan penyimpanan sementara. Kargo akan ditangani oleh tenaga kerja terampil yang memastikan barang diperlakukan dengan hati-hati dan disimpan dalam kondisi optimal sambil menunggu izin lebih lanjut. 

Selain itu, fasilitas CFS juga sering dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, seperti pengawasan CCTV, kontrol akses yang ketat, dan personel keamanan yang terlatih, untuk mencegah pencurian dan kerusakan.

4. Menghemat Biaya

Menggunakan Container Freight Station (CFS) dapat mengurangi biaya, terutama bagi perusahaan yang menangani pengiriman dengan kapasitas kurang dari muatan penuh kontainer (Less than Container Load/LCL). Proses konsolidasi muatan di CFS memungkinkan beberapa pengiriman kecil digabungkan menjadi satu kontainer, mengoptimalkan penggunaan ruang kontainer dan mengurangi biaya pengiriman per unit. 

Selain itu, biaya penyimpanan dan penanganan di CFS sering kali lebih rendah dibandingkan dengan penyimpanan di fasilitas pelabuhan utama, memberikan manfaat tambahan dalam efisiensi biaya.

5. Fleksibilitas dan Skala

CFS menawarkan fleksibilitas dalam penanganan berbagai jenis kargo dan volume pengiriman. Baik untuk barang besar, barang berbahaya, atau barang bernilai tinggi, CFS dapat menyesuaikan layanan mereka sesuai kebutuhan spesifik pelanggan. Fleksibilitas ini memungkinkan bisnis untuk mengelola pengiriman dalam berbagai skala, dari kecil hingga besar, tanpa mengorbankan efisiensi dan keandalan.

6. Fasilitas Tambahan

Banyak CFS menawarkan layanan tambahan yang dapat meningkatkan efisiensi rantai pasokan. Layanan ini termasuk penyimpanan sementara, pengemasan ulang, pelabelan, penyortiran, dan distribusi. Dengan menyediakan layanan-layanan ini di satu lokasi, CFS membantu mengurangi kebutuhan untuk memindahkan kargo ke beberapa fasilitas, yang dapat menghemat waktu dan biaya serta mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan barang.

7. Kemudahan Koordinasi Logistik

Integrasi dengan platform logistik modern seperti MileApp memberikan kemampuan untuk memantau dan mengelola kargo secara real-time. Dengan MileApp, pengguna dapat memantau status kontainer, melacak pergerakan kargo, dan mendapatkan pembaruan langsung dari CFS. Informasi real-time ini sangat berharga untuk perencanaan pengiriman, memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan jadwal dan sumber daya mereka dengan lebih akurat, serta memastikan bahwa pelanggan mendapatkan barang tepat waktu.

8. Mempercepat Pengiriman

Dengan prosedur yang lebih efisien dan terkoordinasi, CFS dapat membantu mempercepat pengiriman barang. Waktu yang dihemat dalam proses bea cukai, penanganan kargo yang cepat dan efisien, serta layanan tambahan seperti pengemasan ulang dan distribusi, semuanya berkontribusi pada kecepatan pengiriman yang lebih baik. Hal ini sangat penting dalam industri di mana waktu adalah faktor kunci untuk kepuasan pelanggan dan daya saing bisnis.

Nah, itulah pembahasan tentang CFS yang perlu Anda pahami dalam dunia bisnis ekspor dan impor barang. Jika Anda tertarik untuk melakukan impor barang dari luar negeri, Anda bisa mengunjungi layanan Pelican Express di 0811 8127 555 untuk tahu informasi jasa import barang china lebih lanjut!


Baca Juga:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Threads

Artikel Terkait